ANTASARI AZHAR, SH.MH 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Salam sejahtera bagi kita semua,

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mempertemukan kita kembali Alumni SMPN 9 Jakarta didalam rencana kegiatan Reuni Akbar Lintas Angkatan SMPN 9 – 2018 angkatan tahun 1960 – 2018.

Tanpa terasa sudah 50 tahun yang lalu saya lulus dari SMPN 9 Jakarta di tahun 1968 dan sampai saat ini masih teringat jelas kenangan-kenangan akan perjuangan saya merantau meninggalkan kampung halaman menuju Kota Jakarta untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik. Begitu kerasnya kehidupan di Kota Jakarta bagi anak perantauan seusia saya pada saat itu yang harus mandiri, berjuang membagi waktu untuk kehidupan namun tetap harus belajar dengan tekun hingga akhirnya saya dapat menyelesaikan masa pendidikan saya di SMPN 9 Jakarta dengan nilai yang memuaskan dan diterima di salah satu SMA Negeri di Jakarta dan kemudiannya juga mendapatkan kesempatan lebih baik dalam jenjang pendidikan tinggi di Universitas Negeri di Kota Palembang – Sumatera Selatan.

Pengalaman dalam kehidupan saya ini membuktikan bahwa dengan semangat tinggi, tekad yang kuat, tekun belajar, berjuang keras dan doa restu orang tua maka apa yang kita harapkan dan cita-citakan Insya Allah terwujud untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan berguna dikemudian hari.

Setelah selesai kuliah saya kembali ke Jakarta untuk bekerja dan berkarya, berjuang kembali meniti karir dan Alhamdulillah dapat men-dharma bakti-kan ilmu-ilmu yang saya dapatkan bagi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia.

Kehidupan manusia seperti roda yang terkadang berada di atas dan terkadang berada dibawah, begitu juga saya tidak luput dari hal yang sama didalam roda kehidupan, namun ada hal terpenting yang selalu saya tanamkan dalam diri saya yaitu kejujuran dan selalu memiliki hati yang bersih serta tak lupa akan rasa syukur kepada Allah Swt. Dengan memegang hal ini maka, jika kita berada ditempat yang tinggi tidak akan mebuat kita menjadi sombong dan jika berada ditempat yang paling bawah sekalipun tidak membuat kita menjadi terpuruk.

Yang tidak kalah pentingnya didalam kehidupan adalah; selalu menghargai dan menghormati teman, kolega, kerabat, saudara, orang tua dan orang-orang yang kita tuakan. Merekalah yang selama ini menjadi pendukung dan penyemangat didalam kehidupan saya, inilah inti dari Reuni SMPN 9 Jakarta yang akan kita selenggarakan bersama dengan tetap menjalinan tali silaturahmi, kekerabatan dan peka-diri untuk saling berbagi diantara Keluarga Besar Alumni SMPN 9 Jakarta.

Reuni Akbar Lintas Angkatan ini sungguh sebuah pekerjaan yang besar untuk dilaksanakan dan memerlukan upaya besar dan kerja keras didalam menyatukan kembali 58 Angkatan Lulusan SMPN 9 Jakarta dari tahun 1960 sampai dengan 2018, namun dengan adanya kerjasama yang baik, saling mawas diri dan saling mendukung, maka saya yakin kegiatan akbar ini akan berhasil nantinya dan dapat memberikan manfaat yang berarti.

Semoga kegiatan Reuni Akbar ini akan mampu menyatukan kembali seluruh Alumni SMPN 9 Jakarta baik yang berada di Indonesia dan bahkan yang masih bermukim di Luar Negeri dan kemudiannya dapat dijadikan suatu wadah kegiatan berupa Ikatan Alumni SMPN 9 Jakarta.

Demikian sekilas sambutan saya ini agar kiranya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi penerus Keluarga Besar Alumni SMPN 9 Jakarta dan selamat bekerja bagi Panitia RALA 9-2018 semoga sukses.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Rala9,                                                                                                                                                                                                                              Penasehat Rala 9-2018

Antasari Azhar SH, MH  9 – 68                                                                                                                                                                                                                   A